Gelaran Aksi Lingkungan Awal Tahun Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Hamzanwadi

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Teknik, Bapak Yahya, ST M.Kom memberikan sambutan.

Sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat dan dalam rangka memperingati hari gerakan menanam sejuta pohon, Fakultas Teknik Universitas Hamzanwadi melakukan kegiatan aksi lingkungan di Desa Lenek Ramban Biak Kecamatan Lenek dan Desa Bebidas Kecamatan Wanasaba. Kegiatan ini dilakukan selama tiga hari (21-23 Januari 2022), berbagai kegiatan aksi dilakukan seperti  sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat dan para siswa, aksi hiburan bertemakan kesehatan dan kebersihan, clean up, serta aksi santri bersama mahasiswa menanam pohon disekitar mata air dan bantaran sungai di kawasan hutan adat Desa Lenek Ramban Biak.

Kegiatan ini dikoordinir oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Teknik Lingkungan bekerja sama dengan (Badan Eksekutif Mahasiswa) BEM Fakultas Teknik Universitas Hamzanwadi. Selain itu, kegiatan ini juga didukung oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (SLHK) Provinsi NTB dan Dinas Sosial Kabupaten Lombok Timur. Antusias dan partisipasi peserta sangat tinggi, mereka yang hadir dari siswa/santri tingkat menengah se-Yayasan Pendidikan Hamzanwadi (YPH PPD NWDI) Pancor, mahasiswa dan perwakilan himpunan mahasiswa program studi, perwakilan dosen dan koordinator program studi, serta ketua Pusat Studi Lingkungan dan Kesehatan Masyarakat Universitas Hamzanwadi. Sedangkan dari desa, hadir siswa/siswi dari beberapa sekolah di sekitar lokasi kegiatan, perwakilan pokdarwis, perwakilan karang taruna, para kepala wilayah (kawil), Kepala desa, perwakilan komunitas pecinta alam dan hutan dan beberapa perangkat pemerintah Desa Lenek Ramban Biak.

Mewakili kampus, Wakil Dekan Kemahasiswaan Fakultas Teknik, Yahya, ST M,Kom menyampaikan ucapan terima kasih sudah diterima dengan baik oleh pemerintah desa. Beliau juga berpesan kepada santri dan mahasiswa bahwa kegiatan ini jangan sampai disini tapi terus berkelanjutan untuk menyelamatkan lingkungan menjadi lebih baik lagi. Sebagai penutup beliau juga berpesan supaya terus menerus menjalin kerjasama yang baik dengan masyarakat dan lingkungan sekitar demi mewujudkan peran civitas akademik yang berperan untuk kemaslahatan masyarakat dan lingkungan.

Selain di Desa Lenek Ramban Biak, aksi reboisasi juga dilakukan di Desa Bebidas Kecamatan Wanasaba. Kegiatan aksi ini sangat disambut baik oleh pemerintah Desa Bebidas, perwakilan karang taruna, dan beberapa mahasiswa dari Universitas Mataram yang kebetulan melaksanakan KKN Tematik di Desa Bebidas. Dalam sambutannya, Kepala Desa Bebidas mengatakan sangat senang dan bangga melihat usaha mahasiswa dan para akademisi yang sangat peduli terhadap kelestarian lingkungan.

Penanggung jawab kegiatan, Agus Muliadi Putra M.Si yang juga merupakan Koordinator Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Hamzanwadi pada kesempatan yang sama juga menambahkan arti penting gerakan reboisasi dan konservasi mata air bagi masyarakat dan sekitarnya, serta peran penting dan kolaborasi semua stakeholders dalam melestarikan lingkungan. Beliau kemudian melanjutkan bahwa aksi hari ini adalah salah satu  aksi yang berkelanjutan dan akan dikenang oleh generasi yang akan datang.   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts